Makalah Pasar Modal Global

BAB I
PENDAHULUAN

Pasar modal adalah lembaga keuangan yang mempunyai kegiatan berupa penawaran dan perdagangan efek (surat berharga). Pasar modal juga merupakan lembaga profesi yang berkaitan dengan transaksi jual beli efek dan perusahan publik yang berkaitan dengan efek. Dengan demikian pasar modal dikenal sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli modal/dana. Pasar modal merupakan pasar untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang bisa diperjual-belikan, baik dalam bentuk hutang maupun modal sendiri, baik yang diterbitkan oleh pemerintah, public authorities, maupun perusahaan swasta.
Pengertian pasar modal dijelaskan lebih spesifik sebagai kegiatan yang bersangkutan dengan Penawaran Umum dan Perdagangan Efek Internasional, perusahaan publik yang berkaitan dengan Efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan Efek internasional.




BAB II
PEMBAHASAN


2.1 Pengertian Pasar Modal Global
Pasar Modal Global merupakan pasar untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang bisa diperjualbelikan, baik surat utang (obligasi), ekuiti (saham), reksa dana, instrument derivatif maupun instrumen lainnya.

2.2 Fungsi dari pasar modal global
Pasar modal membuat seseorang untuk menginvestasikan atau meminjam uang. Mereka yang menginvestasikan uang biasanya mereka ialah perusahaan yang memiliki kas surplus, individual, atau lembaga non bank (dana pension dan perushaan asuransi). Sedangkan mereka yang meminjam uang adalah individual perusahaan dan pemerintahan. Kedua kelompok ini adalah pelaku dari pasar modal. Pelaku pasar adalah sebuah perusahaan layanan keuangan yang menghubungkan investor dan peminjam baik secara langsung atau tidak langsung. Mereka diantaranya  adalah bank-bank komersial ; Citi bank, US bank Corp, dan bank- bank investment seperti merill lynch, gold man sachs. Untuk bank komersial bekerja dengan fungsi hubungan tidak langsung. Mereka mengambil kas deposit dari perusahaan-perusahan dan individual-individual dan membayarkan kepada mereka bunga sebagai pendapatan. Mereka kemudian meminjamkan uang itu kepada peminjam dengan tingkat bunga yang lebih tinggi, menjadi keuntungan pihak bank dengan adanya selisih tingkat bunga. Untuk bank investasi, mereka bekerja dengan hubungan langsung. Mereka mempertemukan investor-investor dan peminjam-peminjam , lalu memberikan komisi untuk melakukan hal tersebut. Sebagai contoh, Merilllynch sebagai broker saham individu yang mau menginvestasikan uangnya. Personil dari Merill Lynch akan memberikan nasehat kepada orang tersebut, untuk pembelian saham apa yang menarik, dan pada akhirnya itu semua menjadi sebuah biaya tambahan untuk layanan yang diberikan oleh Merill Lycnh.

2.3 Peran Pasar Modal Gobal dalam perekonomian dunia
Pasar modal memberikan peran besar bagi perekonomian suatu negara karena pasar modal memberikan dua fungsi sekaligus, fungsi ekonomi dan fungsi keuangan.
ü  Pasar modal dikatakan memiliki fungsi ekonomi karena pasar modal menyediakan fasilitas atau wahana yang mempertemukan dua kepentingan yaitu pihak yang memiliki kelebihan dana (investor) dan pihak yang memerlukan dana (issuer). Dengan adanya pasar modal maka perusahaan publik dapat memperoleh dana segar masyarakat melalui penjualan Efek saham melalui prosedur IPO atau efek utang (obligasi).
ü  Pasar modal dikatakan memiliki fungsi keuangan, karena pasar modal memberikan kemungkinan dan kesempatan memperoleh imbalan (return) bagi pemilik dana, sesuai dengan karakteristik investasi yang dipilih. Jadi diharapkan dengan adanya pasar modal aktivitas perekonomian menjadi meningkat karena pasar modal merupakan alternatif pendanaan bagi perusahaan-perusahaan untuk dapat meningkatkan pendapatan perusahaan dan pada akhirnya memberikan kemakmuran bagi masyarakat yang lebih luas.
2.4 Ketertarikan Pasar Modal Global
Pasar global modal memberikan manfaat untuk kedua belah pihak yaitu investor dan peminjam. Pasar modal global ini memberikan manfaat kepada peminjam dengan meningkatkan penawaran dari dana yang tersedia untuk peminjaman dan dengan penurunan biaya modal. Untuk manfaatnya bagi investor ialah dengan meluasakan kesempatan investasi , dengan demikian bedasarkan hal itulah dibuat portofolio investasi internasioanal yang mendiversiikasikan resiko-resiko mereka.

2.5 Pandangan Para Peminjam: Biaya Modal Yang Rendah
Dalam pasar modal domestik, kelompok investor adalah jumlah yang terbatas dalam sebuah negara. Hal ini lah yang menyebabkan keterbatasan pada penawaran dana yang tersedia untuk para peminjam. Dengan kata lain, liquiditas pasarnya sangat terbatas ( Chinamobile menghadapi masalah ini juga ). Sedangkan Sebuah pasar modal global, dengan kelompok investor-investor yang lebih besar menyediakan penawaran yang lebih besar pula dalam hal penyediaan dana kepada peminjam. Boleh jadi kelemahan terpenting dari likuiditas terbatas dalam pasar modal domestic adalah  karena biaya modal yang cenderung lebih tinggi ketimbang pasar international.

2.6 Biaya modal
(Cost of Capital)  adalah harga dari nilai pinjaman dimana termasuk tingkat pengembalian yang peminjam harus bayarkan kepada investor. Pada pasar modal domestik ini dengan sedikitnya kelompok para investor yang ada menjadikan para peminjam harus membayar lebih calon para investornya agar mau meminjamkan uang mereka. Sedangkan, pada kelompok investor yang lebih besar di pasarinternasional berimplikasi pada peminjam yang dapat memberikan return yang tidakterlalu banyak bagi investor.
Berikut sebuah penjelasan dari ilustrasi pada figure 11.2, dengan menggunakan contoh perusahaan China Mobile. Sumbu vertikal pada figure adalah biaya modal (hargadari biaya peminjaman) dan sumbu horizontal adalah jumlah uang yang tersedia padaberbagai tingkat bunga.Masalah-masalah dari likuiditas terbatas tidak membatasi keberadaanya pada sedikitnegara-negara maju, yang alaminya cenderung memiliki pasar modal domestik yang lebih kecil.

2.7 Pandangan Para Investor: Diversifikasi Portofolio
Dengan pasar modal global, para investor  meniliki kesempatan investasi yang lebih luas ketimbang di pasar modal domestik. konsekuensi yang sangat signifikan disini adalah investor dapat mendiversifikasikan portofolio-portofolio mereka secara internasional, dengan cara mengurangi risiko. Kita akan memikirkan bagaimana hal ini bekerja pada kasus penerapan stock holding dimana sekalipun pada penjelasan yang sama bond holdings juga dapat diterapkan. Mempertimbangkan seorang investor  yang membeli saham pada perusahaan bioteknologi yang belum memproduksi produk barunya. Bayangkan sebuah harga saham yang sangat fluktuatif investor membeli dan menjual saham dengan jumlah banyak merespon informasi prospek perusahaan yang mereka dapat. Saham-saham investasi yang penuh risiko ; invevestor bisa saja mendapatkan keuntungan besar ketika perusahaan memproduksi produk yang sangat diterima pasar, tetapi investor juga akan mengalami kerugian besar ketika perusahaan gagal untuk hadir dengan produk yang menjual. Investor dapat berjaga-jaga dari risiko dengan menahan saham itu dengan membeli saham dari perusahaan lain, terutama sekali dengan mencari hubungan saham biotek itu secara kelemahan atau secara negative. Dengan menahan banyak saham pada portofolio  terdiversifikasi, kerugian yang terjadi ketika beberapa saham gagal untuk naik akan diganti kerugiannya dengan kenaikan harga saham lain yang melampaui harapan.

2.8 Pertumbuhan Pasar Modal Global
Mengacu pada data Bank for International Settlements, pasar modal global bergerak sangat cepat. Pada tahun 2000 saham dari perbankan berkisar antara 7859 miliar dollar ,naik sekitar 3600 miliar dollar dari tahun 1990. Ada 5908 miliar dollar ponds internasional yang beredar, naik dari 3515 miliar dollar pada 1997 dan 620 miliar dollar pada tahun 1994. Lalu faktor apa yang mengizinkan pasar modal internasional untuk berkembang dari tahun1980an dan 1990 an? Bisa terjawan dengan 2 jawaban yakni :
kemajuan teknologi informasi dan deregulasi oleh pemerintah :
2.8.1  Teknologi informasi
Pelayanan bidang keuangan adalah industri informasi yang intensif. Layanan bidang keuangan inilah yang menarik besarnya volume informasi tentang pasar, risikonya, perubahan tingkat bunga, dan banyak lainnya. mereka menggunakan informasi ini untuk membuat keputusan tentang dimana investasi harus ditanamkan, berapa banyak bunga yang dibayarkan untuk para depositor, dan nilai serta banyaknya risiko dari aset-aset financial lain seperti bonds perusahaan, saham sekuritas pemerintah, dan mata uang. Karena ke-intensitasan informasi inilah, industri layanan bidang keuangan berevolusilebih dari industri lainnya dengan meningkatan teknologi informasi sejak tahun 1970an.

2.8.2 Deregulasi
Pemerintah di seluruh dunia secara tradisional terus menjaga perusahaan jasa keuangan mereka dari masuknya pasar modal global. Pasar (pasa uang eksternal) terjadi ketika suatu  mata uang didepositokan dan beredar di luar wilayah hukum negara yang menerbitkannya. Artinya,ketika diperjualbelikan diluar pasar uang domestic Amerika, maka $ menjadi Eurodollar . Demikian pula, misalnya mata uang Europound yang beredar diluar negara Inggris, Euroyen yang berada diluar Jepang. Secara konseptual, pasar seperti berada di antara pasar uang dan pasar valuta asing.
Dalam pasar uang, baik simpanan (deposito) yang diterima maupun kredit yang diberikan adalah dalam mata uang negara di mana bank berkedudukan. Dalam pasar valuta asing atau pasar forex, mata uang yang dikonversi menjadi mata uang lain dimana pun suatu bank berkedudukan. Sedangkan dalam pasar, baik simpanan (deposito) yang diterima maupun kredit yang diberikan adalah dalam bentuk mata uang selain mata uang negara di mana bank berkedudukan. Euro bank adalah lembaga keuangan yang secara simultan menerima deposito dan memberikan pinjaman dalam mata uang selain mata uang lokal di mana lembaga keuangan tersebut membuka kantornya. Instrumen financial yang diderivasi dari Pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan yang diperjualbelikan di pasar domestik. Untuk menunjukan bahwa pasar benar-benar segmented, ada kebiasaan untuk menyertakan kata “Euro” di depan nama Instrument seperti eurodeposit, eurocertificate of deposit, euroloan, dan lain sebagainya.
Perkembangan dan Pertumbuhan Pasar berasal dari awal 1950-an ketika pemerintah komunis yang dikendalikan dari Eropa Tengah dan Eropa Timur membutuhkan dolar untuk membiayai perdagangan internasional mereka, tetapi takut bahwa pemerintah AS akan menyita atau memblokir kepemilikan mereka atas dolar di bank-bank AS karena alasan politik. Pemerintah komunis memecahkan masalah ini dengan menggunakan bank-bank Eropa yang bersedia untuk mempertahankan rekening dolar bagi mereka. Jadi Eurodollars-AS dolar disimpan di rekening bank Eropa Seperti bank lain di seluruh dunia, terutama di Kanada dan Jepang, mulai menawarkan deposito dalam mata uang dolar, Eurodolar istilah berevolusi berarti dolar AS disimpan dalam rekening bank di luar Amerika Serikat. Seperti mata uang lainnya menjadi lebih kuat di pasca-Perang Dunia II era-khususnya yen, pound, dan mark-pasar Jerman diperluas untuk mencakup Euroyen, Europounds, dan mata uanglainnya. Hari didefinisikan sebagai mata uang di deposito luar Negara masalah. Pasar Euroloan sangat kompetitif, dan pemberi pinjaman beroperasi pada marginsilet-tipis. Euroloans sering dikutip berdasarkan London Interbank Penawaran Rate, tingkat bunga untuk pinjaman jangka pendek.
 mendapatkan tekanan hebat pada 1957 ketika pemerintah Inggirs mengeluarkan kebijakan yang melindungi  perbankan Inggris dari pinjaman Poundsterling untuk transaksi keuangan di luar Inggris,yang mana transaksi itu sangat profitable bagi perbankan Inggeris. Sejak saat itu, perbankan Inggris mulai mengeluarkan kebijakan yang membuat deposito dan pinjaman.

2.9 The Global Capital Market
6 dollar menjadi lebih menarik dengan kebijakan suku bunganya. Karena itulah, London dikenal sebagai awal dari sejarah perdagangan Keunggulan Peraturan pemerintah membuat  menjadi lebih menarik bagi deposadan juga debitur. Bank dapat menawarkan bunga ke yang lebih tinggi dalam deposito  dibanding deposito yang ditawarkan di Negara asal mata uang tersebut. Salah satu regulasi pemerintah yang membuat pasar   lebih unggul yaitu  peraturan yang mengatur tingkt likuiditas suatu bank untuk menjaga tingkat likuid suatu bank agar ketika jumlah nasabah mereka yang menarik tabungan cukup besar, tetap tersediauangnya. Hal inilah yang menyebabkan bank dapat menawarkan tingkat bunga depositoyang lebih tinggi.


2.10 The International Bond Market
Pasar obligasi internasional merupakan sumber utama pembiayaan utang untuk pemerintah-pemerintah dunia, organisasi internasional, dan perusahaan besar. pasar ini secara tradisional terdiri dari dua jenis obligasi:
a. Obligasi asing adalah obligasi yang diterbitkan oleh penduduk dari negara A, tapi dijual ke penduduk negara B dan dalam mata uang negara B.
b. Sebuah Eurobond adalah obligasi yang diterbitkan dalam mata uang negara A tapi dijual kepada penduduk negara lain.
CASE STUDYDEFENDING THE BRAZILIAN REAL
Sekilas tentang Brazil
ü  Brasil merupakan negara baru ekonomi terkuat di Amerika Latin
ü  Cruzeiro diganti Real sebagai mata uang baru pada tahun 1994
ü  Berawal dari Fernando Henrique Cardoso yang menjadi presiden Brazil pada tahun1995
ü  Tujuan sebenarnya adalah untuk mengurangi inflasi yang sudah lebih dari 1000%yang berdampak negatif ekonomi
ü  Mata Uang Real mengikuti kebijakan moneter ketat yang dipatok dengan nilai dolar AS
ü  Sukses! Inflasi berkurang menjadi 10% pada tahun 1996 dan turun sampai 2% akhirtahun 1998
ü  Kegiatan ekonomi meningkat dengan FDI meningkat menjadi $ 16 miliar pada 1996dan naik $ 22 miliar 1998
Masalah dalam perekonomian Brasil Inflasi yang tinggi lebih dari 1000%
ü  Pendanaan pemerintaha. Hanya 2/3 dari penerimaan pajak yang diberikan kepada pemerintah federalb. FDI menurun
ü  Efek krisis keuangan Asia pada tahun 1997Investor menarik keluar dari pasar ekonomi
ü  Suku bunga dinaikkan menjadi 43% sehingga terjadi perlambatan ekonomi
ü  Standar Rusia atas hutang 1998Orang sekali lagi keluar dari ekonomi yang muncul
ü  Hilang 1/3 dari Cadangan Devisa pertengahan 1998Belanja pemerintah Brasil lebih dari $1milyar perhari untuk mempertahankan Real
ü   Pemotongan anggaran PemerintahTidak ditindaklanjuti di masa lalu, sehingga pengumuman dilihat dengan terbuka
ü  Ketidakpastian pemilihan PresidenCardoso terpilih kembali pada 4 Oktober 1998.
ü  Pinjaman IMFa. $ 41,5 miliar dalam bentuk pinjaman dengan pembatasan untuk mendukung paket penghematan. 

Peraturan tidak puas
ü  Januari 1999 Cardoso memutuskan untuk mengapung Reala. Tidak lagi dipatok terhadap dolar AS.
ü  Mata Uang Real mengikuti kebijakan moneter ketat yang dipatok dengan nilai dolar AS
ü  Sukses! Inflasi berkurang menjadi 10% pada tahun 1996 dan turun sampai 2% akhirtahun 1998.
ü   Kegiatan ekonomi meningkat dengan FDI meningkat menjadi $ 16 miliar pada 1996dan naik $ 22 miliar 1998.

BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
            Terlihat dari penjelasan di atas bahwa pasar modal global sangat banyak membantu pertumbuhan perekonomian dunia yang mana Indonesia sebagai salah satu aktif dalam pasar modal kalaupun tidak begitu banyak yang terjun ke dalam dunia pasar modal global.
Pasar Modal Global merupakan pasar untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang bisa diperjualbelikan, baik surat utang (obligasi), ekuiti (saham), reksa dana, instrument derivatif maupun instrumen lainnya. Jadi setiap orang bisa melakukan investasi modalnya pada bidang yang diinginkan sendiri sehingga dapat menghasilakan input yang lebih bagus.


Komentar

Postingan Populer